Dafamenanam’s Blog

Menanamkan sesuatu yang baik

TIPs Menjadi Orang Sukses

Posted by Rahmad Susantoro, S.Hut pada Desember 22, 2008

Banyak orang berpendapat bahwa kesuksesan (keberhasilan) merupakan tolak ukur dari kemampuan seseorang dalam melakukan tindakan sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Akan tetapi banyak juga orang yang salah dalam mentafsirkan kata “Sukses” didalam implementasi kehidupannya. Sebagai contoh :


Contoh 1 :“Saya menjadi juara 1 dikelas, karena saya rajin belajar”.

Contoh 2 :“Saya berkerja dibengkel sepeda motor saya sendiri selama 5 tahun, tetapi bengkel saya tidak ada kemajuan, padahal saya sudah bekerja dengan keras”.

Dari kedua contoh diatas, tentu pendapat anda dan orang lain pasti berbeda dalam menarik kesimpulan. Tetapi ada 2 jawaban yang sama yaitu “Sukses dan tidak Sukses”.

Sekarang dimana letak kebenaran kata sukses dan letak kesalahan tidak sukses yang kita bubuhkan pada dua contoh diatas?.

Sekarang mari kita belajar dengan dasar yang sangat sederhana :

  1. Iman dan Taqwa

Keyakinan anda kepada sang Khaliq sebagai pencipta alam semesta merupakan modal awal dari anda untuk meraih kesuksesan. Karena didalam ajarannya terdapat Al-qur’an dan Hadist sebagai tuntunan yang diberikan oleh ALLAH,SWT dan nabi Muhammad, SAW. Al-qur’an telah memuat semua bentuk aturan-aturan dalam kehidupan anda sehari-hari, dan sifatnya kekal karena diciptakan oleh Allah,SWT. Hal ini tentu berbeda dengan doktrin-doktrin yang diciptakan oleh manusia, yang sifatnya tidak konsisten dan cendrung menguntung satu pihak. Sebagai contoh doktrin yang diciptakan manusia adalah, apabila anda bekerja pada satu unit perusahaan, maka anda akan diberikan aturan-aturan dalam bekerja yang mana aturan tersebut dibuat oleh perusahaan dengan tujuan untuk keuntungan perusahaan, walaupun anda diberikan keuntungan dengan mendapatkan pekerjaan dan upah diperusahaan tersebut, akan tetapi keuntungan tersebut tidak berimbang dengan keuntungan perusahaan.

  1. Statistik.

Dalam dunia matematika, statistic bukanlah bahasa yang asing, semua orang pasti mengenalnya hanya saja ada yang mengenal hanya sebatas tulisan, arti kata hingga penjabarannya. Dari perkenalannya saja sudah terdapat perbedaan, dan itu mengisyaratkan tingkat kemampuan seseorang itu berbeda-beda juga, sehingga terciptalah sebuah “Peluang”. Dan peluang inilah yang menjadi salah satu topic pembicaraan kita mengenai Tips menjadi orang sukses. Dan dari kata peluang itu pulalah orang banyak yang berpendapat bahwa “hanya ada 1 peluang dari sekian banyak peluang”, itu artinya hanya ada 1 peluang. Seperti pada contoh 1 diatas, semua orang berpeluang menjadi juara 1 dikelas, tetapi hanya akan ada satu orang yang menjadi juara 1 dikelas. Dan seperti pada contoh 2 diatas, semua bengkel sepeda motor berpeluang untuk maju, tetapi hanya akan ada 1 bengkel yang sangat maju.

  1. Manajemen.

Dalam memulai sebuah pekerjaan atau bidang usaha, tentu harus dimanajemen dengan baik, agar dapat berjalan sesuai dengan kapasitasnya masing-masing. Dalam hal ini anda harus bisa membedakan dengan riil antara mesin dan manusia. Simak baik-baik kata-kata ini sebelum anda melangkah ke poin berikutnya :

“Anda bekerja sebagai mesin atau mesin yang bekerja untuk anda”

“Anda menjadikan mesin sebagai alat atau alat menjadikan anda sbg mesin”

Kalau anda bekerja sebagai mesin tentu anda akan bekerja 2 kali lebih keras dari mesin karena keterbatasan waktu dan tenaga sudah menjadi factor penentunya. Dan mana yang lebih baik ; anda naik sepeda untuk menuju satu tujuan atau sepeda anda pikul untuk menuju satu tujuan?.

Pada tahapan manajemen ini, diharapkan anda lebih cermat sebelum mengambil satu keputusan, dan disini anda dapat berperan sesuai dengan scenario yang anda ciptakan sendiri. Mulailah mencoba dengan sesuatu yang sederhana dan jangan berfikir bahwa pendapatan yang besar dapat menjamin anda sukses. Tidak ada satu usaha tanpa adanya pengorbanan dapat menghasil materi yang berlimpah secara instant. Coba kembangkan daya kreatifitas anda dan jangan terfokus pada satu doktrin saja, tanpa adanya pembanding yang lain. Semakin banyak anda mendapatkan pembanding, semakin baik pula konsep manajemen yang anda kerjakan.

  1. Prinsip Ekonomi

Dalam segala bentuk tindakan manusia, yang bertujuan untuk mencapai satu tujuan tidak terlepas dari hukum ekonomi dalam pelaksanaannya. Semua tindakan tersebut akan menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan anda dalam mencapai tujuan. Mungkinkah anda melakukan kegiatan usaha (ekonomi) tanpa adanya modal dapat memberikan keuntungkan yang banyak?.

Dalam hal ini banyak orang berpendapat bahwa modal dimaksud adalah materi, akan tetapi banyak lagi modal-modal tetap yang tidak terhitung seperti waktu dan tenaga. Sehingga dalam pelaksanaannya sering tidak tercapainya tujuan ekonomi.

Tetapi yang harus menjadi dasar dalam usaha ekonomi yang anda lakukan adalah Break Event Point (BEP), dimana dengan BEP ini anda dapat mengukur dan menghitung sampai sejauh mana titik ekonomi tersebut yang dapat memberikan keuntungan buat anda. Karena anda bekerja untuk tujuan ekonomi maka pelajarilah ilmu ekonomi lebih lanjut.

  1. Sosial dan komunitas.

Dalam kehidupan kita sehari-hari, kebutuhan social sangat mempengaruhi perkembangan ekonomi yang kita jalankan. Pada dasarnya kebutuhan social dapat diekpresikan dalam diri kita bahwa “ kita tetap memerlukan seseorang dalam bertahan hidup”. Manusia tetap memerlukan manusia lain untuk saling dapat bekerjasama dalam berbagai hal kehidupan. Secara tidak langsung hal ini dapat mempengaruhi tingkat kesuksesan seseorang. Sebagai contoh ; “seorang calon bupati memerlukan orang lain untuk dapat memberikan suara dan bantuan lainnya agar dirinya dapat menggapai cita-cita sebagai bupati, begitu juga orang-orang yang lain”. Anda dalam menjalankan kegiatan untuk mencapai satu tujuan tidak cukup dengan meminta bantuan dari orang lain saja, akan tetapi yang perlu anda garis bawahi adalah anda juga diperlukan oleh orang lain untuk mencapai tujuannya. Sebagai penyegaran kembali bagi sosiality anda : Anda pernah meminta seseorang untuk dapat hadir dalam acara seminar anda, dan anda pernah diminta untuk hadir oleh orang lain dalam berbagai hal seperti ; hajatan, gotong royong, bakti social dll. Dari dua keinginan diatas, sudah seimbangkah yang anda lakukan atau sebaliknya. Coba anda kembangkan dan evaluasi kembali aktifitas social anda agar anda benar-benar ada dan diakui ada ditengah-tengah orang lain. Jangan anda berfikir anda menjadi yang nomor satu dalam komunitas anda sudah berarti anda sukses, akan tetapi anda tidak berguna  bagi orang lain diluar komunitas anda. Cobalah berbuat yang sama didalam dan diluar komunitas anda, dan ini merupakan salah satu modal anda meraih kesuksesan itu.

  1. Tangan Tuhan.

Sepertinya dalam bahasan kali agak berbau pasrah, namun kita juga harus menyadari bahwa semua kehidupan yang terjadi dimuka bumi ini merupakan scenario dari Tuhan pencipta Alam, kita manusia (ikon) sudah ditentukan jalan kehidupannya masing-masing. Namun yang paling penting bagi kita adalah kita tidak boleh melupakan kodrat kita sebagai manusia yang selalu siap menerima, goda dan coba. Godaan bila kita mulai melangkah kesesuatu yang baik dan cobaan bila kita menerima karunia dan anugrah dari-Nya. Anda kadang berfikir kenapa si A cepat mendapatkan keturunan setelah menikah dan si B sudah lama menikah tetapi belum mendapatkan keturunan?. Disinilah kita harus tahu bahwa setiap yang kita lakukan didunia ini sudah merupakan garis tangan yang disampaikan oleh Tuhan (ALLAH,SWT) kepada kita agar kita menyerukan kebesaran-Nya dengan segala kehendak-Nya.

Kita dihadapkan pada sesuatu yang nyata dan tidak nyata dalam hidup ini, dan oleh sebab itu kita harus percaya bahwa kesuksesan sesorang juga merupakan campur tangan dari-Nya.

Renungan :

  • Bahwa manusia diciptakan oleh-Nya dan hanya mengabdi kepada-Nya.
  • Jodoh, Rizki, Umur ada ditangan-Nya, hanya manusia yang bisa bersyukur dan lapang dada yang dapat meraihnya.
  • Kita harus percaya dengan Qadar baik dan buruk, dimana dikala kita mendapat keuntungan yang besar, itu merupakan suatu nikmat yang diberikan oleh-Nya, dan mana kala kita mendapatkan usaha kita macet dan bangkrut, itu merupakan satu ujian dan cobaan bagi kita agar kita lebih giat lagi berusaha dan selalu lebih mendekatkan diri kepada-Nya.
  • Jangan pernah melupakan Lingkungan sekitar Anda, karena bagaimanapun majunya usaha anda, akan tetapi apabila anda tidak peduli dengan lingkungan sekitar anda (banjir, kemiskinan dll) usaha anda untuk mencapai kesuksesan akan sia-sai.
  • Sesungguhnya Sukses itu adalah dapat melakukan sesuatu yang baik, baik didunia maupun untuk akhirat.
  • Jangan pernah tinggalkan tanggungjawab yang ada (keluarga dan lingkungan)  untuk mencapai satu tujuan usaha anda.
  • Materi yang anda punya bukanlah merupakan tolak ukur dari kesuksesan anda, akan tetapi kesuksesan anda akan tampak apabila anda berguna bagi agama dan orang lain.
  • Jangan sia-siakan hidup anda dengan mengejar duniawi, karena sesungguhnya harta dunia adalah perhiasan hidup anda selama hidup didunia saja. Gunakanlah hidup anda untuk selalu menjalin silahturahmi dengan sesama dan membagikan kebaikan untuk orang lain.

Semoga anda menjadi orang yang sukses, Amien……………….

About these ads

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: