Dafamenanam’s Blog

Menanamkan sesuatu yang baik

Rumah Tropis Minimalis

Posted by Rahmad Susantoro, S.Hut pada Desember 17, 2008

Banyak sekali design rumah modern yang menjadi tren saat ini, baik dari type kecil, sedang hingga besar. Di Indonesia kehadiran design rumah modern sudah menjadi kebutuhan bagi setiap orang dalam mengembangkan dan membangun rumah baru.

Rumah-rumah dengan bentuk minimalis merupakan pilihan yang paling diminati saat ini karena terkesan simple, praktis dan mudah dalam pemeliharaannya. Dalam artikel-artikel rumah juga sudah dibedah mengenai denah ruang, layout, sampai pada RAB (Rancangan Anggaran Biaya).

Indonesia yang berada dilintasan garis katulistiwa dan beriklim tropis dapat lebih mengembangkan design-design rumah sesuai dengan geografisnya. Salah satunya adalah bentuk tropis dengan perpaduan minimalis. Rumah tropis sebenarnya telah menjadi salah satu design rumah-rumah di Indonesia, namun karena adanya dorongan gaya hidup dan berkurangnya bahan baku rumah tropis maka sebagai alternative yang paling mudah dengan mengembangkan rumah minimalis.

Bagi anda yang ingin membangun rumah baru dan bingung dengan design rumah yang akan dibuat, cobalah langkah-langkah dibawah ini sebagai bahan pertimbangan anda :

  1. Belajarlah berkreasi dan berimajinasi sendiri dulu diatas sebuah kertas tentang layout rumah anda.
  2. Lakukanlah orientasi pada kawasan perumahan-perumahan baru yang banyak mengembangkan rumah minimalis.
  3. Pelajari juga artikel-artikel yang ada dimedia massa dan elktronik tentang rumah minimalis.
  4. Berikan jaringan siklus udara yang baik didalam rumah, selain memberikan udara yang bersih dan beregulasi juga membuat suhu didalam rumah tetap stabil dan tidak panas.
  5. Untuk menghemat listrik, berikan pada setiap ruangan ventilasi cahaya yang cukup. Karena pada ruangan kurang cahaya dapat memberikan udara yang lembab dan berkembangnya bakteri penyakit.
  6. Setelah setting ruang telah fix, setting juga jaringan kabel (listrik, antenna dan telpon) dalam setiap ruangan, hal ini agar pada saat rumah telah selesai di finishing terkesan bersih dan rapi, tidak ada kabel-kabel yang bergelantungan di dinding / plafon rumah.
  7. Setelah layout jadi, jangan lupa tetapkan warna (cat) apa yang akan anda gunakan dalam finishing nanti. Ini juga sangat penting mengingat warna rumah akan berpengaruh terhadap keserasian perabotan rumah dan korden yang kita pakai (motif dan warnanya). Hal ini yang paling banyak diabaikan orang sehingga pada saat pengerjaan rumah telah selesai banyak yang tidak sesuai dengan perecanaan awal.
  8. Hitung Rancangan Anggaran Biaya (RAP) berdasarkan model hitungan anda. Atau yang umumnya orang awam menggunakan hitungan praktis yaitu,

Luas (m2) x upah kerja (per m2) + bahan yang digunakan = Rp…….?

  1. Apabila anda telah siap untuk membangun rumah sekarang, lakukanlah karena rumah merupakan kebutuhan primer bagi setiap orang, selain sebagai investasi. Disamping itu ketersediaan lahan yang semakin sempit dan harga bahan-bahan bangunan dan upah kerja juga semakin meningkat (mahal). Berikanlah keluarga anda tempat bernaung yang nyaman.
  2. Apabila anda belum mengerti dengan jelas, konsultasikan kepada konsultan bangunan (arsitekstur) yang berpengalaman.

Selamat menciptakan Rumah baru …………..

Ini adalah sebuah contoh rumah tropis minimalis yang saya bangun dan buat berdasarkan kreasi saya sendiri dan sekarang saya tempati bersama keluarga. Anda dapat mencontoh dan membangun sebagian ataupun keseluruhannya seperti rumah saya.

my-home4

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: